Anies Baswedan Bayar Jasa Liker Facebook Ilegal Buat Fanpage Miliknya

Posted on January 7, 2020

Info Prioritas – Masalah banjir yang belum selesai, sudah mencuatkan begitu banyak borok dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Paska dirinya lepas tangan atas apa yang terjadi, membongkar bahwa Anies tidak melakukan tugasnya sesuai prosedur. Hingga akhirnya pemerintah pusat lantas mengambil alih penuntasan masalah banjir di DKI Jakarta.

anies baswedan | info prioritas

Apakah sudah selesai masalah tersebut? Belum! Yang jelas justru masalah baru mencuat, lantaran sang Gubernur DKI Jakarta ini ketahuan belangnya melakukan hal tidak terpuji yang mengarah ke pembohongan publik, yaitu dirinya membayar sejumlah awak media elektronik ternama untuk memberitakan hal-hal positif yang sudah dilakukannya di lapangan saat musibah banjir massal terjadi.

Anies Baswedan kembali berulah!

Tepat hari ini, para netizen dikejutkan dengan sebuah fanpage (halaman penggemar) pada media sosial Facebook yang judul Anies Baswedan. Netizen geram dengan tindakan ilegal Anies yang dituding melakukan manipulasi dari opsi like (menyukai) pada sebuah laman penggemar (fanpage) di media sosial.

Anies diduga membayar sejumlah praktisi media sosial yang ahli dalam memanipulasi opsi like pada halaman penggemar atas nama dirinya di Facebook secara ilegal. Hal ini diketahui dari para netizen yang menyadari bahwa akun mereka seperti dibajak secara halus (soft hacked) untuk menyukai laman penggemar tersebut.

Diketahui bahwa opsi like (menyukai) yang ada dari laman penggemar di Facebook tersebut bisa mendongkrak popularitas atas fanpage yang bersangkutan. Dan ini dinilai juga menjadi salah satu aksi yang bertentangan dengan UU ITE yang diterbitkan oleh Kemenkominfo.

Netizen lakukan unliked massal

Paska menyadari akunnya ditelanjangi oleh orang bayaran Anies. Netizen kontan langsung melakukan unliked fanpage milik Anies Baswedan dan kemudian membagikan berita akan hal terkait via Whatsapp dan sosial chat lainnya.

Berikut ini adalah bunyi pesan pendek yang diteruskan oleh para netizen via aplikasi sosial chat:

URGENT!!

Gaess, segera buka FB masing2, ketik nama Anies Baswedan, bila muncul profpic diatas, lihat sebelah kanan, bila tertulis “Liked” segera unlike bila anda tidak merasa “like” kadrun ini. Sekarang tiba2 sdh 1,6 jt dan bisa jadi trending topic yg like si ABas ini. Nama2 kalian banyak masuk disitu tanpa sepengetahuan kalian sendiri.

HATI-HATI! Facebook rentan keamanan pengguna!

Paska terbongkarnya aksi culas Anies terkait hal ini. Sebenarnya sudah banyak para pengamat kelayakan pengguna yang berkomentar terkait keamanan akun pengguna dari media sosial terbesar Facebook.

Bahkan, seorang jurnalis bernama Bob Sullivan, pernah membuat artikel terkait hal ini pada tahun 2018 yang lalu. Menurut Bob, Facebook sudah beberapa kali menyalahi aturan dalam keamanan akun dari para penggunanya.

Dan salah satu website berita ternama luar negeri, yaitu The Guardian, memberitakan perihal penyalahgunaan aturan terkait keamanan pengguna dari Facebook.

Ternyata, hal ini dimanfaatkan sebagai salah satu langkah culas dari Anies yang jelas-jelas sedang berusaha meningkatkan elektabilitas dirinya saat nanti maju pada PilPres 2024 mendatang.

INFOPRIORITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *