Media Informasi Terpercaya & Terupdate Indonesia
  • Recommended Online News!

  • Trusted Online News!

  • No Hoax News!

By - Info Prioritas!

Berat Mana Naik Atau Turun Tangga?

Menurut Kamu, Naik Tangga Atau Turun Tangga Yang Lebih Berat?

Info Prioritas – Bila anda diajukan pertanyaan ini, kami yakin bahwa anda akan berpendapat bahwa naik tangga adalah lebih berat daripada turun tangga. Namun, menurut fakta dari sebuah penelitian di St. Mary’s Hospital, London, Inggris. Mengatakan bahwa turun tangga adalah aktifitas yang paling berat.

“Alasannya…?”

Sendi Kaki Menahan Seluruh Bobot Tubuh

Hasil penelitian dari “nerve & muscle pressure” berikut ini menjadi pembuktiannya :

  1. Pada saat anda menaiki anak tangga, maka tekanan yang dialami oleh otot persendian area lutut adalah 40% dari berat badan anda.
  2. Namun apabila anda menuruni anak tangga, maka 80% bobot tubuh anda menekan otot sendi lutut anda.

Dan dari hasil survey yang telah dilakukan pihak Rumah Sakit, kebanyakan orang melakukan kegiatan turun anak tangga saja. Karena mindset mereka mengatakan bahwa turun tangga itu lebih ringan daripada naik tangga.

Tahukah Anda, “Apa Yang Akan Terjadi Jika Anda Hanya Turun Tangga Saja?”

Ini pastinya tidak akan pernah terpikir oleh anda bukan? Atau mungkin anda sempat berpikir bahwa akan terjadi ketidak seimbangan dari otot anda? Bila anda berpikir demikian, maka anda tepat sekali. Ketidak seimbangan akan terjadi bila anda hanya melakukan aktifitas turun tangga saja. Bagian otot mana yang akan menjadi tidak seimbang? Bagian otot besar tendon depan saja yang akan mengalami perkembangan massa.

otot tendon quardiceps

“Jadi, akan sangat baik jika anda melakukan aktifitas turun dan naik tangga bersamaan”

Jangan Lakukan Naik Turun Tangga…

Bila anda jarang melakukan olah raga. Jangan jadikan turun naik tangga sebagai olah raga secara berlebihan. Karena resiko kram otot akan lebih mudah terjadi. Bila anda ingin menjadikan hal ini sebagai bagian dari latihan olah raga anda, maka akan sangat bijak jika anda melakukan stretching dan warming up yang cukup, atau setidaknya dilakukan dengan durasi 15 menit.

Berat Mana Naik Atau Turun Tangga? Latihan Kardiovaskular

Manfaat Dari Turun Naik Tangga Sebagai Olah Raga

Latihan turun naik tangga dinilai sangat efektif dalam membakar lemak dibagian paha dan pinggul. Biasanya, latihan ini banyak dilakukan oleh kaum Hawa yang ingin bentuk paha dan pinggulnya aduhai menawan.

“Manfaat apa lagi yang bisa anda dapatkan dari latihan turun naik tangga…?”

Berat Mana Naik Atau Turun Tangga? cara mencegah resiko serangan jantung

Turun naik tangga sangat efektif juga dalam membakar lemak dalam darah. Karena metabolisme dan darah anda terpacu dengan baik oleh jantung. Jadi, resiko stroke dan penyempitan pembuluh darah oleh kadar lemak akan lebih bisa dihindari sejak dini. Melakukan turun naik tangga pun sudah diakui sebagai latihan karidiovaskular yang sangat luar biasa hasilnya.

“Jadi, tunggu apa lagi guys…? Yuk hidup sehat sejak dini…!”

Leave a Reply

Your email address will not be published.
*
*