Catatan Impresif Timnas Italia di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Posted on December 2, 2019

Kandaskan Bosnia, Italia jadi virus positif pada Kualifikasi Piala Eropa 2020

Tim nasional Italia sukses menjaga tren positif di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Menghadapi Bosnia Herzegovina di matchday sembilan, Italia mencatatkan kemenangan tiga gol tanpa balas. Tiga gol Italia di Stadion Bilino Polje, Jumat, 15 November 2019 waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB itu disumbangkan oleh Francesco Acerbi di menit ke-21, Lorenzo Insigne di menit ke-37, dan Andrea Belotti di menit ke-52.

timnas italia - catatan impresif dalam kualifikasi piala eropa 2020 - www.infoprioritas.com

Kemenangan ini menjaga catatan tak pernah kalah Italia dalam sembilan pertandingan kualifikasi. Italia pun mengemas poin sempurna yakni 27 poin dan memastikan diri lolos ke putaran final dengan status juara grup.

Barella ciptakan gol pembuka

Italia sebenarnya berada dalam tekanan di paruh pertama. Namun mereka tampil lebih efektif dengan memanfaatkan peluang yang lebih sedikit untuk mencetak sepasang gol. Gol pertama Italia berawal dari umpan Nicolo Barella yang diselesaikan dengan baik oleh Acerbi setelah mengecoh pemain belakang tuan rumah.

Sementara itu gol kedua berawal dari umpan Andrea Belotti yang dilanjutkan dengan tendangan mendatar oleh Lorenzo Insigne untuk menaklukkan Ibrahim Sehic di bawah mistar gawang Bosnia.

Italia yang unggul dua gol di babak pertama berhasil menambah gol di awal babak kedua. Kali ini giliran Belotti yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menuntaskan umpan terobosan Barella.

Catatan sembilan kemenangan beruntun menjadi sejarah tersendiri bagi timnas Italia. Catatan tersebut merupakan rekor baru, melampaui catatan timnas Italia pada periode 1938 hingga 1939 yang diasuh Vittorio Pozzo.

Kegembiraan Mancini

Tak heran pelatih Italia, Roberto Mancini tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Ia senang bisa mematahkan rekor yang telah bertahan selama lebih dari setengah abad tersebut.

“Saya senang dengan rekor yang kami miliki saat ini,” beber Mancini.

Namun pelatih asal Italia itu menegaskan pencapaian tersebut tidak lepas dari performa gemilang anak asuhnya. Namun ia mengatakan pembuktian sesungguhnya adalah saat gelaran Piala Eropa 2020 tahun depan.

Lampaui sang legenda

“Bisa melampaui legenda seperti Pozzo merupakan sesuatu yang istimewa. Namun jalan kami masih panjang dan kami tidak bisa berpuas dir,” lanjutnya.

Hasil impresif ini merupakan langkah baik untuk mengobati kekecewaan setelah gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 lalu.

Susunan pemain Bosnia-Herzegovina versus Italia

Bosnia-Herzegovina (4-3-3): 12-Ibrahim Sehic; 4-Zoran Kvrzic, 3-Ermin Bicakcic, 18-Adnan Kovacevic, 5-Sead Kolasinac; 7-Muhamed Besic, 10-Miralem Pjanic, 13-Gojko Cimirot; 8-Edin Visca, 11-Edin Dzeko, 19-Rade Krunic.

Pelatih: Robert Prosinecki

Italia (4-3-3): 21-Gianluigi Donnarumma; 7-Alessandro Florenzi, 19-Leonardo Bonucci, 15-Francesco Acerbi, 3-Emerson Palmieri; 18-Nicolo Barella, 8-Jorginho, 6-Sandro Tonali; 20-Federico Bernardeschi, 9-Andrea Belotti, 10- Lorenzo Insigne.

Pelatih: Roberto Mancini

INFOPRIORITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *