Fakta Tentang Kesemutan, Ternyata Harus Waspada Lho!

Posted on January 19, 2020

Rasanya, yang namanya kesemutan pasti setiap orang pernah merasakannya. Namun, tahukah anda mengenai fakta tentang kesemutan yang juga bisa beresiko membahayakan kesehatan anda? Yuk, mari kita bahas bersama.

fakta tentang kesemutan dan gejala lainnya - infoprioritas.com

Kesemutan

Kesemutan adalah rasa sensasi geli, tegang, seperti kesetrum atau bahkan tertusuk jarum, yang muncul pada bagian tertentu dari tubuh kita paska mengalami kebas. Seringkali kita bercanda saat salah satu rekan kita mengalami hal ini, dan hal tersebut (kesemutan) dianggap menjadi suatu hal yang lumrah dan biasa terjadi dalam kehidupan kita.

“Apa sih penyebabnya?”

Penyebab kesemutan umum

Penyebab utama kesemutan secara umum adalah karena syaraf pada bagian tubuh anda terhimpit atau terjepit dalam waktu yang lama. Misalnya pada saat anda sedang duduk bersila, posisi BAB, baik jongkok ataupun duduk, dan lain sebagainya.

Karena terjepit terlalu lama tersebut, mengakibatkan syaraf-syaraf kita tidak bisa menerima aliran darah dan oksigen. Sehingga bagian tubuh yang syarafnya dalam posisi terhimpit itu akan kehilangan sensasi dan indra peraba (kebas atau kebal).

Pada saat syaraf mulai kembali mendapatkan aliran darah yang membawa oksigen itulah anda akan merasakan sensasi kesemutan.

Penyebab kesemutan khusus

Ada umum, tentunya juga ada yang khusus. Dalam perihal penyebab kesemutan secara khusus. Dijelaskan lewat penelitian yang dilakukan pihak National Hospital for Neurology and Neurosurgery, London, Inggris (2011). Bahwa kesemutan (tingling) yang sering terjadi itu bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Kekurangan vitamin.
  2. Terlalu banyak asupan alkohol.
  3. Kekurangan kalsium.

Dalam hal aktifitas harian, ada dua hal yang menjadi penyebab kesemutan, yaitu:

  1. Mengetik tanpa mengistirahatkan tangan.
  2. Mengangkat beban dengan terlalu memaksa.

Itulah pemicu-pemicu yang bisa mengakibatkan kesemutan dalam hal khusus. Dan ada pertanyaan…

“Sering kesemutan, katanya berbahaya? Benarkah demikian?”

Fakta tentang kesemutan yang benar

Jangan dengar katanya, tapi anda harus paham benar mana kesemutan yang memang beresiko tinggi terhadap kesehatan anda dan mana yang memang hanya karena sebab umum seperti yang disebutkan sebelumnya.

Karena memang secara fakta nyata, ada bahasan tentang kesemutan yang mengarah pada resiko kesehatan anda. Tapi tidak perlu khawatir, karena selama anda rajin melakukan pemeriksaan kesehatan dan laboratorium terkait kesehatan anda. Semua hal bisa diantisipasi lebih awal agar tidak terlambat.

Jika memang anda mengalami kesemutan seperti sensasi kesetrum. Maka tidak perlu khawatir, karena hal itu hanya seperti yang dijelaskan pada penyebab umum. Namun jika sensasinya sudah sampai seperti ditusuk jarum dan mengakibatkan nyeri yang berlebihan (terkadang hingga pingsan). Ada baiknya anda melakukan pengecekan ke dokter dengan segera. Karena biasanya inilah yang terganggu:

Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyumbatan yang terjadi pada syaraf di sekitar pergelangan tangan anda. Awalnya hanya kesemutan biasa, namun jika sudah terlalu sering terjadi, anda akan mulai merasakan sensasi panas dan pegal yang mengganggu pada pergelangan tangan anda.

Ada baiknya, bila anda melakukan aktifitas mengetik yang sangat lama. Maka ada harus melakukannya dengan posisi yang benar. Jangan mengetik dalam waktu lama dengan posisi pergelangan tangan anda menempel pada meja.

Apakah ada lagi yang lainnya? Yuk nonton video ini…

INFOPRIORITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *