Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook

Posted on August 6, 2019

Dituding Melakukan Pemfitnahan Lewat Postingan Facebook, Kader NasDem Ini Kena Batunya!

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITASInfo Prioritas – Seorang Kader dari Parpol Nasional Demokratik (NasDem), Shanti Ramchand Shamdasani. Kini sedang tersandung dengan masalah postingan media sosial Facebook. Kendati postingan dari akun pribadinya pada tanggal 3 Agustus 2019 pekan lalu, terindikasi tuduhan fitnah yang ditujukan kepada Seller dan Komunitas Pecinta Hewan Eksotis pada sebuah event Indonesia International Pet Expo (IIPE) yang di gelar di ICE BSD, 2 s/d 4 Agustus 2019 pekan lalu. Bagaimana kronologis dari masalah postingan Kader Nasdem ini pada awalnya?

Unggahan Gambar Suasana Expo

Pada pekan lalu (3 Agustus 2019), Shanti mengunggah gambar yang diambilnya dari Expo Hewan Peliharaan (Indonesia International Pet Expo) di gedung ICE, Bumi Serpong Damai (BSD). Unggahan dilakukan olehnya pada akun pribadi media sosial Facebook miliknya yang bernama Shanti Shamdasani.

Ada lima buah gambar yang diunggahnya dan beberapa gambar diberikan tanda dan seruan. Di mana gambar yang pertama adalah gambar di mana ada seorang pria yang diberi “tanda panah penunjuk”, kemudian di bagian lain dari gambar yang sama tertulis kata “illegal”.

Pada gambar kedua, yaitu gambar di mana ada hewan-hewan peliharaan dalam kandang, dengan tulisan “tidak manusiawi”.

Pada gambar lainnya juga diberikan tanda dengan tulisan “salah” dan “illegal”.

Shanti yang juga tercatat juga sebagai Presiden dari ASEAN International Advocacy. Kemudian menuliskan status sebagai “caption” atau keterangan dari gambar-gambar yang ia unggah, yaitu sebagai berikut:

TDK MANUSIAWI

SALAH

ILLEGAL

Say NO to BREEDER!!

Say NO to exotic pet seller….

PEMERINTAH MANA??

Kpd rakyat:

Hewan adalah makhluk hidup, bukan boneka.

Mereka disiksa, orang tuanya dibunuh….JGN BELI HEWAN EKSOTIS…. please!!

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

“Unggahan pun berlanjut pada protes di kolom komentar…”

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

Hujan Protes Keras Seller & Hobbyist

Walhasil, sang Kader Nasdem yang juga Calon Legislatif (Caleg) ini, mendapatkan hujan protes dari para penghobi hewan peliharaan dan juga para penjual (pet seller). Dalam sekejap, postingan Shanti Shamdasani tersebut viral di kalangan pet hobbyist dan seller.

Sang pemilik akun (Shanti Shamdasani) sempat memberikan komentar balasan kepada netizen dari postingannya tersebut.

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

Namun, komentar balasan yang diberikannya tersebut justru semakin memancing komentar netizen yang lebih tajam dari semula dan memperpanjang masalah.

Shanti Pun Gentar!

Ada indikasi bahwa sang Kader NasDem ini mulai gentar. Apa lagi dengan adanya komentar dari seorang netizen yang ternyata adalah pria berkaos hitam yang ada dalam gambar pertama. Bahwa dirinya mempunyai izin resmi atas hewan yang dijualnya di event IIPE. Pria tersebut diketahui bernama Surya Js, mengunggah surat izin import dari kura-kura yang dijualnya tersebut.

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

Hal lain yang diduga menjadi penyebab gentarnya Shanti Ramchand Shamdasani sebagai pemilik akun Facebook tersebut, adalah beberapa komentar dari netizen yang memperingati dirinya bahwa hal yang dilakukannya sudah masuk dalam ranah pelanggaran dari UU ITE.

Melihat postingan yang dilakukan Kader NasDem yang tercatat juga sebagai caleg DPR RI dapil Jakarta II tersebut. Para netizen banyak yang menyayangkan akan tindakan Shanti Shamdasani. Lantaran dengan latar belakang pendidikannya, kenapa tidak mengevaluasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengunggahan.

“Badai masih berlanjut…”

Badai komentar pedas dari netizen akhirnya membuat gerah sang pemilik akun Facebook bermasalah tersebut. Walhasil, Shanti Ramchand Shamdasani menghapus postingan itu, dan kemudian memposting sebuah status pernyataan dalam bahasa Inggris sebagai informasi bahwa akun Facebook miliknya diretas (hacked).

“There are indications that my Facebook has been hacked. The same happened to me last year.

If you received inappropriate messages, I do apologize.

Thank you,”

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

Dianggap Cuci Tangan Dan Lari Dari Tanggung Jawab!

Ya, lagi-lagi Shanti melakukan blunder dengan pernyataan yang menganggap para netizen bodoh dan bisa dibohongi oleh pernyataan tersebut. “Karena sangat tidak masuk akal sekali, jika memang diretas, kenapa masih memberikan komentar balasan”, komentar netizen.

“Hal yang sangat membingungkan adalah, kenapa harus hapus postingan jika memang dirinya (Shanti Shamdasani) merasa benar”, ujar salah satu netizen lagi.

Netizen seperti kurang puas dan sengaja mencari borok dari Kader NasDem ini lebih dalam. Pada tanggal 2 Agustus 2019, ditemukan postingan oleh salah seorang netizen dari kalangan pet hobbyist. Di mana dari postingan tersebut, para netizen bisa menyimpulkan bahwa Shanti Shamdasani adalah seorang vegetarian (vegan) dengan prilaku toxic. Ditambah lagi dengan foto-foto dirinya yang sedang menunggang Gajah dan memelihara Anjing, menggambarkan bahwa dirinya lebih tidak terpuji dalam memperlakukan hewan seperti yang dicetuskan dirinya.

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

Kader NasDem Tersandung Masalah Postingan Media Sosial Facebook - INFO PRIORITAS

“Masalah berlanjut ke petisi Change.org…”

Petisi Untuk Shanti Shamdasani

Pada sebuah situs Change.org yang biasanya digunakan oleh kalangan netizen dalam membuat petisi. Terdapat sebuah petisi yang bertajuk “PECAT & USUT SHANTI RAMCHAND SHAMDASANI DARI PARTAI NASDEM KARENA PELANGGARAN UU ITE!!”

Nampaknya netizen tidak puas dengan tindakan dari Sang Kader NasDem tersebut. Hingga akhirnya ada yang membuat petisi tersebut.

Bagaimana akhir dari drama Kader dan Caleg Partai Nasional Demokrat yang dipimpin oleh Surya Paloh ini? Mari kita nantikan saja kelanjutannya…

INFOPRIORITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *