Spanyol Pungkasi Kualifikasi Euro 2020 Dengan 5 Gol Tanpa Balas

Posted on December 3, 2019

Pesta 5 gol tanpa balas, Timnas Spanyol kandaskan Rumania

Tim nasional Spanyol meraih hasil maksimal di pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung pada Senin, 18 November 2019 waktu setempat atau Selasa dini hari WIB. Menghadapi Rumania di Stadion Wanda Metropolitano, Spanyol menang 5 gol tanpa balas.

timnas spanyol pesta 5 gol tanpa balas - infoprioritas.com

5 gol tanpa balas dari tuan rumah dipersembahkan oleh Fabian Ruiz di menit kedelapan, Gerard Moreno di menit ke-33 dan 43, gol bunuh diri bek Adrian Rus di menit ke-45, dan Mikel Oyarzabal di menit ke-90+1.

Tiket Final Piala Eropa bagi La Roja

Kemenangan ini menutup kiprah La Furia Roja di babak kualifikasi dan memantapkan langkah ke putaran final tahun depan. Dengan status tak terkalahkan, Tim Matador total mengemas total 26 poin dari 10 pertandingan. Spanyol unggul lima poin dari Swedia di urutan kedua. Sementara itu Rumania tertahan di posisi keempat dengan raihan total 14 poin dari 10 laga, berjarak tiga poin dari Norwegia di posisi ketiga.

Spanyol tak pernah kalah dalam 10 pertandingan yang dilakoni. Sergio Ramos dan kawan-kawan hanya bermain imbang sebanyak dua kali. Spanyol pun mantap ke putaran final ditemani Swedia dari Grup F.

Tanpa formasi utama

Bermain di kandang sendiri membuat Spanyol semakin percaya diri. Meski tidak menurunkan formasi terbaik, dengan mengandalkan sejumlah pemain debutan dan pemain muda, tuan rumah tetap mampu menguasai jalannya pertandingan.

Pesta gol Spanyol dimulai pada menit kedelapan saat Fabian Ruiz sukses menuntaskan kemelut di mulut gawang Rumania. Kemelut ini bermula dari sepakan Dani Carvajal dari jarak dekat. Bola yang sempat diblok kiper Rumania, Ciprian Tatarusanu, berhasil disambar Ruiz untuk menjadi gol.

Gol ini semakin menyemangati Spanyol. Tuan rumah pun mampu menggandakan keunggulan di menit ke-33. Moreno mencetak gol pertamanya di menit ke-33 dan mencetak brace 10 menit kemudian. Spanyol menutup pesta gol di babak pertama oleh gol bunuh diri pemain belakang tim tamu, Adrian Rus.

Kuasai pertandingan dan berpeluang emas

Di babak kedua, Spanyol tetap menguasai jalannya pertandingan. Tim besutan pelatih Robert Moreno memiliki beberapa peluang emas. Namun sayangnya, Spanyol hanya mampu menambah satu gol di paruh kedua.

Sekalipun berhasil mengantar Spanyol ke putaran final Piala Eropa 2020, posisi pelatih Robert Moreno taka man. Federasi Sepak Bola Spanyol tidak memperpanjang kontrak sang pelatih dan lebih memilih untuk kembali memakai jasa Luis Enrique.

“Ketika kualifikasi berakhir pekan depan, kami akan merefleksikan situasinya. Kami sangat senang dengan Robert dan takkan berubah. Sekali turnamen berakhir, kami akan melihat lagi apa yang terjadi,” ungkap Presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Luis Rubiales.

Susunan Pemain Timnas Spanyol versus Timnas Rumania

Timnas Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Daniel Carvajal, Sergio Ramos (63′ Raul Albiol)), Inigo Martinez, Jose Gaya; Fabian Ruiz, Sergio Busquets, Saul Niguez; Gerard Moreno (56′ Mikel Oyarzabal), Alvaro Morata, Santi Cazorla (69′ Paco Alcacer).

Pelatih: Robert Moreno

Timnas Rumania (4-2-3-1): Ciprian Tatarusanu (c); Romario Benzar, Adrian Rus, Ionut Nedelcearu, Alin Tosca; Razvan Marin (65′ Alexandru Cicaldau), Tudor Baluta; Ianis Hagi (73′), Nicolae Stanciu, Florinel Coman (56’Alexandru Mitrita); George Puscas.

Pelatih: Cosmin Contra

INFOPRIORITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *