Trend Remake Game Jadul, Antara Nostagia Atau Developer Kehabisan Ide

Posted on December 3, 2019

Benarkah developer games kehabisan ide akan kreasi terbaru?

Info Prioritas – Masih ingatkah anda dengan pengumuman heboh yang dibuat oleh salah satu developer game legendaris di event E3 2015 yang lalu? Pastinya anda para gamer masih mengingat akan kejadian fantastis yang membuat anda merinding. Momen tersebut boleh dikatakan sebagai pemicu terjadinya trend remake game jadul (yang legendaris tentunya).

benarkah trend remake game jadul hanya alasan developer dalam berkreasi? - infoprioritas.com

Namun sejak saat itu, mulai bermunculan judul-judul game lawas era konsol Playstation generasi pertama (PSX). Sebut saja, Spyro, Crash Bandicot, Digimon World, Dino Crisis, Resident Evil dan lainnya. Lalu muncul pertanyaan di kalangan pengamat game, “Apakah developer game sekarang ini sedang kehabisan ide dalam menyajikan permainan terbaru yang lebih keren?”

“Atau mereka (developer) ingin mengajak gamer bernostalgia?”

Fakta di balik trend remake game jadul saat ini

22 tahun yang lalu, sebuah perusahaan developer game bernama Squaresoft (sekarang bernama Square-Enix). Mengguncang dunia gamer dengan menerbitkan sebuah permainan bergenre RPG (Role Playing Game), yaitu Final Fantasy 7. Dan Final Fantasy 7 pun dinobatkan sebagai “Game of the Year”, oleh kalangan gamer dan pengamat games.

Begitu banyak kenangan dari game tersebut, hingga banyak Fans berangan-angan untuk bisa memainkan game ini lagi dalam bentuk dan teknologi yang saat ini, yaitu Super Reality 3D Polygon dan Computer Generated Imagery.

Walhasil, event E3 2015 adalah jawaban tegas dari Square-Enix untuk penggemar Final Fantasy 7. Game tersebut secara positif akan dirilis khusus konsol Playstation 4 tepat tanggal 3 Maret 2020 yang akan datang.

Apa komentar gamer?

Berikut ini adalah pendapat dari sebagian besar gamer di sosial media Facebook dan Twitter terkait trend remake game lawas alias jadul:

“Developer tidak kehabisan ide, tapi mungkin mereka juga butuh perputaran modal untuk menciptakan game-game terbaru nantinya. Me-remake game favorit gamer adalah solusi”.

“Nostalgia game tua? Why not? Kita positif saja, karena selama bisa dinikmati. Pastinya akan tetap diterima walaupun ada alasan dibalik itu”.

“Remake game tidak bisa menjadi patokan bahwa developer kekurangan ide lagi dalam berkarya. Sisi positif dari remake game sangat banyak dalam industri gaming”.

“Menikmati game lawas dalam balutan teknologi terkini itu bukan dosa besar”.

nostalgia jadi alasan developer melakukan remake game jadul hingga menjadi trending - www.infoprioritas.com

INFOPRIORITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *