Liga Inggris Bergulir Tak Lama Setelah Piala Dunia 2022, Antonio Conte: Ini Aneh Sekali

Liga Premier Inggris adalah satu-satunya kompetisi di Eropa yang tak membutuhkan waktu lama untuk kembali bergulir setelah Piala Dunia 2022 berakhir. Sehari setelah Hari Raya Natal, kompetisi itu langsung bergulir untuk memainkan pekan ke-17.

Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte mengaku kecewa dengan bergulirnya kompetisi Liga Premier Inggris yang terkesan terburu-buru dan tak memberi waktu jeda yang cukup bagi para pemain setelah Piala Dunia 2022.

Berbeda dengan Liga Premier Inggris, kompetisi domestik lainnya di Eropa baru akan bergulir pada 28 Desember (Ligue 1 Prancis), bahkan Serie A Italia baru melanjutkan paruh kedua kompetisi pada 4 Januari 2023. Bundesliga Jerman memberi waktu jeda yang cukup panjang hingga sebelum 21 Januari tahun depan.

Tak heran bila pelatih asal Italia itu tak habis pikir dengan penyelenggara Liga Premier Inggris. Beberapa pemain bahkan butuh waktu istirahat untuk memulihkan diri dari cedera.

“Ini aneh sekali dan jujur saya tidak suka kami bermain lagi secepat ini – hanya sepekan setelah Piala Dunia,” beber Conte.

Beberapa pemain Spurs harus bermain hingga babak semifinal dan final seperti Ivan Perisic (Kroasia) dan Hugo Lloris (Prancis) yang tampil reguler hingga partai final. Sementara itu, Richarlison harus absen sekitar empat pekan lantaran mengalami cedera di Qatar.

“Di satu sisi, Anda senang karena Tottenham selaku klub saya memiliki 12 pemain di Piala Dunia. Itu artinya kami berada di jalur yang tepat untuk jadi tim kompetitif dan meraih trofi di masa depan.”

Conte mengatakan di tengah padatnya jadwal pertandingan, maka perlu bagi para pemain untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar bisa tampil dalam kondisi optimal.

“Tapi wajar saja ketika Anda punya banyak pemain yang tampil di turnamen seperti ini, khususnya di tengah musim, maka tidak mudah karena para pemain pasti tidak dalam kondisi terbaik.”

Absennya Richarlison di awal paruh kedua tentu menjadi kerugian bagi Spurs. Sebagaimana ditegaskan Conte, dari pembicaraan dengan dokter, pemain internasional Brasil itu harus menempi tiga sampai empat pekan.

“Saya sudah bicara dengan tim medis. Mereka bilang Richarlison butuh waktu 3-4 pekan pemulihan,” beber Conte.

Conte mengatakan Ivan sudah bergabung bersama tim. Demikian juga Lloris yang tidak mendapat waktu istirahat karena harus bergabung dengan tim. Conte mengharapkan Lloris berada di bangku cadangan saat mereka menghadapi Brentford.

Absennya Richarlison membuat Conte sepenuhnya mengandalkan sang kapten Harry Kane dan Son Heung-min di lini depan. Kedua pemain itu dalam kondisi bugar setelah kembali dari Piala Dunia 2022.

Spurs akan menghadapi Brenford pada 26 Januari, sebelum menghadapi Aston Villa dan Crystal Palace pada awal tahun depan. Saat ini Spurs berada di posisi keempat dengan 29 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.