Kalah 1-2 dari Jepang, Spanyol Lolos ke 16 Besar dan Terhindar dari Brasil

Hasil mengejutkan terjadi di matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 yang mempertemukan timnas Spanyol versus timnas Jepang. Duel ini digelar di Khalifa International Stadium pada Jumat, 1 Desember 2022 dini hari WIB.

Spanyol di luar dugaan takluk dengan skor 1-2 dari Samurai Biru. Gol tunggal La Furia Roja dicetak oleh Alvaro Morata di menit ke-12. Jepang bangkit mengejar ketertinggalan melalui Ratsu Doan di menit ke-48 dan Ao Tanaka memastikan kemenangan Jepang berkat gol kontroversial di menit ke-51.

Berkat kemenangan ini kedua tim sama-sama lolos ke babak 16 besar. Jepang lolos sebagai juara grup dengan raihan enam poin dari tiga laga. Sementar Spanyol di posisi kedua dengan empat poin. Dua tim lainnya di grup ini yakni Jerman dan Kosta Rika harus tersingkir.

Sebenarnya dengan lolos sebagai runner-up cukup menguntungkan Tim Matador. Sebab, mereka berpotensi terhindar dari tim unggulan di babak berikutnya yakni Brasil. Apakah skenario ini yang sungguh diharapkan Spanyol?

β€œSaya tidak senang sama sekali. Saya tidak pernah merayakan kekalahan,” beber Luis Enrique.

Pelatih Spanyol itu mengatakan mereka sesungguhnya mematok target menang dan lolos sebagai jawara grup.

β€œDalam sepakbola Anda pantas mendapatkannya atau tidak. Ya, kami lolos dan saya ingin menjadi yang teratas, tetapi itu tidak mungkin karena dalam lima menit mereka mencetak dua gol dan kami dibongkar.”

Ia sudah mewanti-wanti para pemainnya untuk mewaspadai Jepang yang tampil tanpa beban.

β€œKami tidak memiliki bahaya di babak pertama, tetapi di babak pertama saya mengatakan kepada mereka untuk berhati-hati karena [Jepang] nothing to lose. Tapi kami tidak memiliki manajemen yang baik, kami tumbang dan mereka bisa saja mencetak dua gol lagi. Bagan berubah dan banyak hal berbeda sekarang, tetapi saya tidak memiliki apa pun untuk dirayakan.”

Gol kedua Jepang menimbulkan tanda tanya. Eks pelatih Barcelona ini mengatakan dirinya sangat menghormati keputusan wasit.

“Saya melihat gambar-gambar itu, pasti ada yang salah atau seperti dibuat-buat.. Saya tidak bisa berkata apa-apa. Saya sangat menghormati [keputusan wasit]. Saya tahu sesuatu akan terjadi karena VAR memakan waktu yang lama.”

Susunan pemain Jepang versus Spanyol:

Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Ko Itakura, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junya Ito, Hidemasa Morita, Ao Tanaka (Wataru Endo 87’), Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 46’); Diachi Kamada (Takehiro Tomiyasu 69’), Daizen Maeda (Takuma Asano 62’), Take Kubo (Ritsu Doan 46’).

Pelatih: Hajime Moriyasu

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Daniel Carvajal 46’), Rodri, Pau Torres, Alejandro Balde (Jordi Alba 68’); Gavi (Ansu Fati 68’), Sergio Busquets, Pedri; Nico Williams (Ferran Torres 57’), Alvaro Morata (Marco Asensio 57’), Dani Olmo.

Pelatih: Luis Enrique

Leave a Reply

Your email address will not be published.