Sikat Timor Leste 3-0, Timnas U-22 Indonesia Pastikan Tiket Semifinal SEA Games 2023

Kiprah tim nasional U-22 Indonesia di fase grup SEA Games 2023 terus menuai hasil positif.

Skuad Garuda sukses memetik kemenangan ketiga secara beruntun dengan mengandaskan timnas U-22 Timor Leste.

Bertarung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Minggu, 7 Mei 2023 petang WIB, Indonesia menang tiga gol tanpa balas.

Memang tidak mudah menggetarkan gawang Timor Leste yang ditangani pelatih asal Korea Selatan. Butuh waktu hingga akhir babak pertama agar bisa memecah kebuntuan.

Ramadhan Sananta akhirnya membuka keunggulan sebelum peluit tanda babak pertama berakhir dibunyikan. Gol ini berawal dari umpan Fajar Fathur yang disambut Sananta dengan tandukan terarah ke pojok gawang Timor Leste.

Indonesia berhasil menambah sepasang gol di babak kedua. Fajar Fathur memborong kedua gol itu.

Gol pertama Fathur terjadi di menit ke-62, meneruskan umpan Ananda Raehan. Gol kedua terjadi tak lama berselang setelah terjadi kemelut di mulut gawang Timor Leste. Fajar melepaskan tembakan akrobatik akurat tanpa bisa digagalkan barisan belakang lawan.

Indonesia pun mengunci satu tiket ke babak semifinal. Indonesia mantap di puncak grup A dengan poin sempurna dari tiga pertandingan.

Indonesia masih menyisahkan satu pertandingan lagi di fase grup. Pelatih Indonesia, Indra Sjafri pun mengisyaratkan akan melakukan rotasi.

“Kalau untuk pertandingan yang keempat sudah pasti kita kan main dan rombak semua tim,” tandas Indra Sjafri.

Sosok yang pernah menangani timnas U-19 Indonesia itu ingin agar para pemainnya memaksimalkan waktu istirahat selama sepekan sebelum menghadapi pertandingan semifinal.

“Dan kami berharap ada istirahat selama satu minggu sebelum semifinal,” ucapnya.

Indra pun secara khusus mengomentari penampilan Fajar yang hingga saat ini menjadi pemain paling subur di SEA Games 2023.

“Khusus Fajar kalau enggak salah dia sampai hari ini topskorer ya, topskorer SEA Games, dan surprise saya bereksperimen menempatkan dia dari full back kanan sama pindahkan ke winger, dan hasilnya cukup surprise untuk saya,” aku Indra Sjafri.

Indra meminta anak asuhnya itu agar tidak sampai berpuas diri. Ia berharap pemain itu bisa menjaga ketajamannya terutama di babak-babak krusial nanti yakni semifinal dan final.

“Tentu terima kasih untuk Fajar dan saya minta jangan berpuas diri dan pergunakan kesempatan ini untuk bisa lebih berkontribusi nanti di semifinal dan final,” tambahnya.

Susunan pemain timnas U-22 Indonesia versus timnas U-22 Timor Leste:

Timnas U-22 Indonesia(4-3-3): Muhammad Adisatryo; Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Ananda Raehan; Fajar Fathur, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman.

Cadangan: Ernando Ari, Bagas Kaffa, Beckham Putra, Jeam Kelly, Haykal Alhafiz, Taufany Muslihuddin, Titan Agung, Irfan Jauhari, Muhammad Ferarri.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-22 Timor Leste (4-3-3): Georgino Jose; Cristeavo Moniz, Anizo Correia, Orcelio Nobelito, Joao Bosco; Luis Figo (Danilo Alves 90’+4), Jhon Firth (Edencio Costa 90’+4), Ricardo Bianco (Elias Joao 54′); Olagar Fernando (Juvito Moniz 65′), Mouzinho Barreto (Mario Donasio 65′), Zenivio Morientes.

Pelatih: Park Soon-tae

Leave a Reply

Your email address will not be published.