Tekuk Fiorentina, West Ham Juara UEFA Europa Conference League 2022/2023

West Ham United keluar sebagai juara UEFA Europa Conference League 2022/2023. Pada partai final yang digelar di Fortuna Arena, Praha pada Kamis, 8 Juni 2023 dini hari WIB, klub asal Inggris itu keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan Fiorentina 2-1.

Kedua tim menyelesaikan babak pertama dengan skor kaca mata. Tensi pertandingan meningkat di babak kedua dengan terciptanya tiga gol.

West Ham memimpin melalui gol penalti Said Benrahma. Namun, Giacomo Bonaventura sukses menyamakan kedudukan.

West Ham mendapat kesempatan untuk kembali memimpin berkat gol Jarrod Bowen di menit-menit akhir. Gol ini sekaligus mengantar West Ham ke podium juara.

Selain merasakan manisnya menjadi juara Eropa, meski di turnamen dengan level ketiga, West Ham pun akan tampil di turnamen kasta kedua musim depan yakni Liga Europa.

Bagi pelatih West Ham, David Moyes gelar juara ini sungguh bermakna. Menjadi salah satu pencapaian terbaiknya sebagai pelatih.

“Ada terlalu banyak hal baik tentang apa yang telah kami lakukan untuk dihentikan sekarang,” tandas Moyes.

Mantan pelatih klu elite Liga Premier Inggris itu menyadari tidak sedikit tekanan yang ia terima.

“Ketika saya melihat spanduk itu, itu menyakitkan karena menguras tenaga dan kekuatan Anda untuk melakukan sesuatu. Namun ketika orang-orang terus menanyai Anda, itu juga menguras Anda.”

“Saya harus mengatakan bahwa ini bukan saat yang tepat (untuk berhenti). Apakah saya merasa kesepian? Sangat,” sambungnya.

Ia berutang budi kepada banyak pihak, salah satunya adalah keluarganya yang terus memberikan dukungan kepadanya.

“Saya memiliki banyak pengikut keluarga. Kalian semua yang punya anak dan melihat anak kalian sukses pasti tahu bagaimana rasanya.”

Dalam pernyataannya sebelum laga final, ia menyebut sang ayah akan hadir di lapangan untuk memberikan dukungan kepadanya.

“Ayahku ada di sini besok. Mudah-mudahan kita bisa memberinya sesuatu untuk diingat.”

Perhelatan final di Fortuna Arena memiliki jejak tersendiri bagi Moyes dan terutama dua pemainnya yakni Tomas Soucek dan bek Vladimir Coufal yang merupakan pemain timnas Ceko.

Susunan pemain Fiorentina versus West Ham United:

Fiorentina: Pietro Terracciano; Cristiano Biraghi, Luca Ranieri (Igor 84′), Nikola Milenkovic, Dodo; Rolando Mandragora (Antonin Barak 90′), Sofyan Amrabat, Giacomo Bonaventura; Christian Kouame (Riccardo Saponara 62′), Luka Jovic (Arthur Cabral 46′), Nicolas Gonzalez.

Pelatih: Vincenzo Italiano.

West Ham: Alphonse Areola; Emerson, Nayef Aguerd, Kurt Zouma (Thilo Kehrer 61′), Vladimir Coufal; Lucas Paqueta, Declan Rice, Tomas Soucek; Said Benrahma (Pablo Fornals 76′), Michail Antonio (Angelo Ogbonna 90′), Jarrod Bowen.

Pelatih: David Moyes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.