Lionel Messi Dianggap Paling Layak Raih Ballon d’Or 2023

Nama Lionel Messi terus disebut-sebut. Salah satunya terkait kandidat pemenang Ballon d’Or 2023.

Pemain yang baru saja meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) itu dianggap layak untuk kembali meraih Bola Emas.

Momen penghargaan itu akan berlangsung pada Oktober mendatang. Messi dijagokan untukmeraih penghargaan kedelapan sepanjang kariernya, memenangi persaingan dengan kandidat kuat lainnya yakni Erling Haaland.

Haaland memang layak masuk nominasi sebab ia menjalani musim yang hebat bersama Manchester City yang berakhir dengan tiga gelar dalam satu musim yakni Liga Premier Inggris, Piala FA, dan Liga Champions Eropa.

Sementara itu Messi menorehkan prestasi terbesar dalam kariernya sebagai pesepakbola yakni mengantar Argentina ke tangga juara Piala Dunia 2022 lalu. Selain itu, ia juga mengantar PSG berjaya di level domestik.

Dukungan kepada Messi datang dari berbagai pihak. Salah satunya adalah legenda timnas Argentina dan Inter Milan, Javier Zanetti.

“Saya pikir Messi pantas mendapatkannya karena dia berhasil mewujudkan mimpinya memenangkan Piala Dunia sebagai protagonis mutlak. Menurut hemat saya, dia menjadi yang terbaik selama beberapa tahun,” beber Zanetti.

Messi pun mengakui bahwa yang terpenting baginya adalah bisa mengantar negaranya berjaya di Piala Dunia. Pencapaian itu lebih penting dari setiap gelar individu.

“Apakah Ballon d’Or penting bagi saya? Tidak, itu tak lagi penting buat saya. Saya selalu mengatakan, penghargaan individu bukanlah yang terpenting bagi saya, tetapi penghargaan kolektif adalah yang paling penting,” tandas Messi.

Messi menegaskan pencapaian terbesar baginya adalah angkat trofi Piala Dunia yang sudah lama dinantikan oleh rakyat Argentina.

“Penghargaan terpenting pada saat ini adalah Piala Dunia, hadiah terbesar bagi saya,” tegasnya.

Selain kedua nama itu, Kylian Mbappe juga masuk hitungan. Sang pemain pun cukup percaya diri.

Mbappe memang belum mampu mengantar klub ibu kota Prancis itu berjaya di Eropa. Namun, secara pribadi ia punya catatan yang impresif.

“Selalu sulit membicarakan tentang sebuah trofi individu, karena anda harus mementingkan diri sendiri dan itu sesuatu yang belum tentu diterima publik secara umum,” beber Mbappe.

Mbappe menbyebut kriteria untuk memenangi penghargaan individu adalah harus punya prestasi yang mencolok. Mbappe percaya diri menyebut dirinya punya pencapaian itu.

“Kriteria yang baru, itu tentang sesuatu yang mencolok, seseorang yang memiliki dampak… Kurasa aku sesuai dengan kriterianya. Jadi kurasa aku akan mengatakan… ya. Namun, kita akan melihatnya,” sambungnya.

Menurut Anda, siapa lebih pantas menjadi pemenang Ballon d’Or 2023? Apakah Messi, Haaland, atau Mbappe? Atau ada sosok lain yang lebih pantas memenanginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.