Nigeria Hadapi Tuan Rumah Pantai Gading di Final Piala Afrika 2023

Turnamen Piala Afrika 2023 akan menggapai klimaks. Dua tim terbaik sudah dipastikan saling bertemu untuk memperebutkan mahkota juara.

Nigeria akan menghadapi tuan rumah Pantai Gading akan digelar di Stade Olympique Alassane Ouattara, Abidjan, pada Senin 12 Februari 2024. Kick off mulai pukul 03.00 WIB.

Nigeria melangkah ke final usai menyingkirkan Afrika Selatan melalui adu penalty di Stade de la Paix, Bouake pada Kamis, 8 Februari 2024 dini hari WIB.

Nigeria memimpin lebih dahulu melalui sepakan penalti William Troost-Ekong di menit ke-67. Namun, Teboho Mokoena membuat skor sama kuat di menit ke-90 usai eksekusi penaltinya tak bisa digagalkan kiper Nigeria.

Pemenang pun ditentukan melalui adu penalti setelah skor tak berubah juga di babak perpanjangan waktu.

Empat penendang Nigeria sukses menjalankan tugas. Mereka adalah Terem Moffi, Kenneth Omeruo, Troost-Ekong, dan Kelechi Iheanacho sukses mencetak gol. Hanya penendang ketiga, Ola Aina yang gagal membobol gawang Ronwen Williams.

Sedangkan di kubu Afrika Selatan, hanya dua eksekutor yang berhasil mengoyak gawang Nigeria yakni Mabhuti Mayambela dan Mothobi Mvala. Sementara itu, tendangan Mokoena dan Evidence Makgopa belum mengenai sasaran. Nigeria pun menang 4-2.

Nigeria pun melangkah ke final untuk kedelapan kalinya dengan tiga dari antaranya berhasil menggapai klimaks. Tiga gelar juara itu diraih pada 1980, 1994, dan 2013.

Sementara itu Pantai Ganding mengincar gelar juara di final kelima mereka sepanjang sejarah. Dari empat final sebelumnya, tim ini dua kali menjadi kampiun yakni pada 1992 dan 2015.

Pantai Ganding tentu termotivasi menang karena gelaran ini berlangsung di kandang sendiri.

Sebelumnya, di babak semifinal Pantai Gading berhasil melangkah ke final usai menyingkirkan Kongo. Gol tunggal Sebastien Haller di menit ke-65 lebih dari cukup mendekatkan timnya ke tangga juara.

Siapa lebih berpeluang menjadi juara? Apakah tuan rumah Pantai Gading bisa menggapai klimaks? Sanggupkah Nigeria menambah koleksi juara Afrika?

Berikut Hasil Semifinal Piala Afrika 2023

Kamis, 8 Februari 2024

Nigeria 1-1 Afrika Selatan (Pen. 4-2)
(William Troost-Ekong 67′; Teboho Mokoena 90′)

Pantai Gading 1-0 Kongo
(Sebastian Haller 65′)

Leave a Reply

Your email address will not be published.